Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Beserta Tata Cara Dan Keutamaannya

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Beserta Tata Cara Dan Keutamaannya - Niat puasa senin kamis – Puasa ada yang tergolong wajib dan juga sunnah. Bahkan puasa bisa jadi haram jika salah memilih waktunya. Dan kali ini kita akan mengulas tentang niat puasa sunnah senin kamis dan juga keutamaannya. Ada berbagai macam puasa sunnah yang dapat kita lakukan. Dan puasa sunnah mempunyai golongan masing-masing dan juga manfaat masing-masing. Ada yang tergolong sunnah, sunnah muakad dan sebagainya.


Puasa yang saya ambil contoh adalah puasa senin kamis. Puasa senin kamis adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari senin dan juga kamis. Banyak orang melakukan puasa senin kamis. Insya Allah Anda adalah calon orang atau bahkan orang yang sudah melakukan puasa senin kamis. Nah mungkin anda mencari-cari bacaan niat puasa senin kamis seperti apa. Apakah sama dengan niat pada puasa Ramadhan?

Sebelum kita masuk ke poin bacaan niat puasa senin kamis, ada baiknya Anda membaca artikel sebelumnya tentang 10 Tujuan Pernikahan Dalam Islam Beserta Penjelasannya

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

Niat adalah hal yang utama juga dalam beribadah maka sebaiknya Anda juga mnegatahui niat puasa senin kamis. Adapun bacaan niat puasa senin kamis yaitu:

Niat puasa senin kamis di hari senin

نَوَيْتُ   صَوْمَ     يَوْمَ  اْلاِثْنَيْنِ   سُنَّةً   للهِ   تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatal lillahi ta’ala

Artinya: “Saya berniat puasa pada hari senin, sunah karena Allah ta’ala”

Niat puasa senin kamis di hari kamis

نَوَيْتُ   صَوْمَ    يَوْمَ   الْخَمِيْسِ   سُنَّةً   للهِ    تَعَالَى

Nawaitu Sauma yaumal khomisi sunnatal lillahi ta’ala

Artinya: “Saya berniat puasa hari kamis, sunah Karena Allah ta’ala”


Keutamaan Puasa Senin Kamis

1. Pintu Surga Terbuka

Keutaman puasa senin kamis adalah salah satunya selalu terbuka pintu surga untuk nya. Seperti sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA:

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari senin dan kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah SWT dengan apapun kelak akan diampuni dosanya, kecuali diantara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Kemudian dikatakanlah “Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini hingga mereka berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini hingga mereka berdamai” (Hadist Riwayat Muslim)

Tak hanya di hadist itu, di hadist lain juga menyebutkan bahwa Allah SWT sudah menyiapkan surga untuk orang-orang yang sering melakukan ibadah puasa senin kamis. Dalam Hadist Riwayat Bukhori Muslim menyebutkan:

“Sesungguhnya di surga terdapat pintu yang bernama Ar-Rayyan dimana akan dimasuki oleh orang-orang yang sering menjalankan ibadah puasa kelak di hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali prang yang suka berpuasa. Dikatakan bahwa “Manakah orang-orang yang suka berpuasa? Mereka semua pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah memasukinya, maka pintu tersebut ditutup sehingga tidak ada seorangpun masuk melaluinya lagi”.

2. Di Bukanya Pintu “Ar-Rayyan” Di Surga

Sebenarnya ada satu pintu untuk masuk ke Surga yang memang dikhususkan untuk orang-orang yang sering menunaikan puasa senin kamis. Dan tidak akan ada orang bisa masuk melalui pintu tersebut jika tidak melakukan puasa senin kamis. Dan jika orang-orang tersebut sudah masuk maka ditutuplah pintu itu dan orang lain tidak bisa melaluinya.

3. Meningkatkan Ketakwaan dan Pahala Akan Dilipatgandakan

Beribadah memang mendekatkan kita kepada Allah SWT. Beribadah puasa juga mempunyai fungsi melipatgandakan pahala dan juga memenuhi kebutuhan rohani seseorang. Allah SWT selalu menyiapkan sebuah balasan atau hadiah kepada umatnya jika selalu beribadah dengan iklhas. Seperti yang tertuliskan pada Al-Quran dan Hadist-Hadist Rasulullah SAW.

Keutamaan dan perintah puasa sudah dijelaskan oleh Allah SWT melalui surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu sekalian untuk berpuasa sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu supaya kamu bertaqwa”

4. Hari Senin Adalah Hari Rasulullah SAW Dilahirkan dan Menerima Wahyu

Rasulullah SAW lahir pada 27 April 571 M pada hari senin. Dari Hadist Riwayat Muslim “Dari Abu Qotadah RA, sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya mengenai puasa senin, maka Rasulullah SAW menjawab ‘Hari senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus dan hari turunnya wahyu'”

Jadi hari senin dan kamis merupakan hari yang sangat mulia. Karena hari dari kelahiran Rasulullah SAW dan juga saat Rasulullah SAW menerima wahyu-wahyu.

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Adapun tata cara puasa senin kamis adalah sebagai berikut:

1. Niat

Niat puasa senin kamis adalah hal utama yang dilakukan sebelum menjalani ibadah. Niat puasa senin kamis berbeda dan sudah saya jelaskan serta tuliskan di atas. Anda dapat mempraktikkan pada malam hari sebelum tidur. Karena ini memang puasa sunnah maka jika Anda lupa berniat di malah hari boleh juga dilakukan di pagi hari sebelum sahur. Ataupun jika lupa juga dengan sahur Anda boleh melakukan niat puasa senin kamis sehabis bangun tidur dengan catatan Anda belum makan dan minum.

2. Makan Sahur

Makan sahur merupakan sunnah puasa. Sahur memang kadang dilakukan dan kadang ada juga yang tidak melakukan. Bagaimana hukumnya? Sahur bisa dilakukan dan akan mendapat keberkahan bagi yang melakukan. Sedangkan jika tidak dilakukan tidak apa-apa. Sahur dapat membantu kita membackup tenaga untuk orang-orang yang memang mempunyai aktifitas yang cukup banyak dan juga melelahkan.

3. Menahan Diri Dari Hal-Hal Yang Membatalkan

Ini adalah yang utama saat puasa. Jadi orang yang berpuasa menahan diri dari makan, minum nafsu, dll yang dapat membatalkan puasa Anda. Ini dilakukan sejak terbit fajar hingga Adzan Maghrib berkumandang. Baru Anda boleh melepas semua yang sudah Anda tahan dari terbit fajar tersebut.

4. Berbuka

Berbuka adalah penyempurna puasa. Seringkali kita berbuka untuk membatalkan puasa, sebetulnya tidak salah juga namun alangkah baiknya jika kita meyebutnya untuk menyempurnakan dan menyelesaikan puasa kita. Anda dapat melakukan makan dan minum. Biasanya orang-orang memulai dengan minum sedikit kemudian berdoa dan dilanjutkan berbuka dengan yang manis-manis.

Puasa senin kamis menurut saya adalah puasa sunnah yang sering orang lakukan. Kita dapat melakukan puasa sunnah ini tanpa dibatasi oleh tanggal dan bulan tertentu saja. Jadi diperbolehkan melakukan puasa senin kamis.

Puasa sunnah adalah beribadah yang mempunyai banyak manfaat. Maka marilah kita melakukan puasa senin kamis semampu kita dan yang pasti dengan keikhlasan hati agar selalu berkah ibadah kita dan makin sempurna.

Demikianlah artikel tentang Niat puasa senin kamis, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Beserta Tata Cara Dan Keutamaannya"

Posting Komentar

Beri kami kritik dan saran dengan cara Berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel