10 Tujuan Pernikahan Dalam Islam Beserta Penjelasannya

10 Tujuan Pernikahan Dalam Islam Beserta Penjelasannya - Tujuan pernikahan – Terlepas dari semua hal, kita ketahui bahwa Islam merupakan agama yang fitrah. Artinya Agama Islam memerintahkan para umatnya untuk menjadi orang yang bersih tanpa adanya penyelewengan. Tentu ada peraturan di dalam islam yang tertera di dalam Al-Qur’an yang sampai saat ini menjadi pedoman hidup bagi orang Islam.


Dengan begitu tentunya Anda perlu untuk menghindari adanya perbuatan dosa yang mungkin saja akan Anda lakukan nantinya. Salah satu cara untuk menghindari perbuatan dosa adalah dengan tidak berpacaran. Saat ini tentunya di jaman yang semakin modern perilaku berpacaran tentu bukanlah menjadi hal yang tabu. Akan tetapi tentu hal tersebut sudah jelas dilarang oleh agama. Untuk itulah sebaiknya Anda melangsungkan pernikahan dibandingkan Anda harus menjalani hubungan pacaran yang belum jelas arah serta tujuan nantinya.

Tentu ada banyak sekali tujuan pernikahan yang bisa Anda capai nantinya dalam hidup Anda dan juga pasangan Anda. Tentu hal ini akan sangat menarik untuk di bahas saat menceritakan terkait dengan tujuan pernikahan di dalam Islam sendiri. Karena Anda akan menemukan kebahagiaan serta ketenangan saat mengetahui tujuan utama dari pernikahan nantinya. Dalam artikel ini kita akan sama-sama membahas terkait dengan tujuan adanya pernikahan di dalam islam. Berikut tujuan pernikahan dalam islam.

10 Tujuan Pernikahan Dalam Islam


1. Memenuhi Fitrah Sebagai Manusia

Tentunya tujuan pernikahan dalam Islam yang utama adalah memenuhi fitrah manusia karena pernikahan sendiri merupakan naluri kemanusiaan. Jika naluri tersebut nantinya tidak terpenuhi yaitu dengan tidak melaksanakan pernikahan maka kemungkinan besar mereka akan melakukan jalan yang disenangi oleh syaitan. Dengan begitu tentunya Anda sudah melanggar segala peraturan yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan begitu kemungkinan besar Anda akan masuk ke dalam lembah perbuatan dosa yang tentunya tidak disukai oleh Allah SWT.

2. Memuliakan Sebuah Hubungan

Al-Qur’an dan As-Sunnah telah menjelaskan bahwa Allah SWT memuliakan hambanya yang menyatukan ikatannya melalui akad nikah sehingga di ridhoi oleh Allah SWT. Karena tujuan pernikahan menurut islam sendiri adalah menyatukan dua insan dengan ikatan halal yang di rahmati oleh Allah SWT. Dengan melakukan pernikahan maka sudah jelas bahwa ikatan tersebut akan sangat dimuliakan oleh Allah SWT dan didoakan oleh para malaikat nantinya.

3. Memenuhi Sunnah Nabi

Sebagai ummat Nabi Muhammad SAW sudah sepantasnya kita mengikuti segala hal yang dilakukan oleh beliau. Karena Nabi Muhammad SAW merupakan panutan bagi seluruh ummat dalam menjalankan segala kehidupannya di muka bumi ini. Termasuk salah satu sunnah dari Rasulullah SAW yang dianjurkan bagi seluruh pengikutnya. Yang mana Nabi SAW bersabda bahwa ummatnya dilarang keras untuk membujang dan menyegerakan untuk menikah ketika mereka sudah mampu. Dengan begitu tentu sudah jelas bahwa tujuan pernikahan menurut Islam sendiri adalah memenuhi sunnah yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW.

4. Menghindari Celaan Karena Enggan Menikah

Islam sendiri merupakan agama yang begitu menjaga umatnya dari kesesatan dan kesengsaraan hidup. Hal ini tentunya sejalan dengan tujuan pernikahan dalam Islam sendiri adalah menghindari adanya celaan yang datang kepada dirinya. Tentu orang yang enggan untuk menikah dan menjadi lajang seumur hidupnya tidak akan mendapatkan ketenangan hidup karena akan banyak sekali celaan yang datang kepada dirinya. Oleh karena itu Islam menganjurkan setiap umatnya untuk melakukan pernikahan untuk menghindari hal tersebut.

5. Di Permudahnya Rezeki Bagi Orang Yang Menikah

Rasulullah SAW telah bersabda bahwa kita diperintahkan untuk segera menikahi orang yang layak dinikahi, maka Allah SWT akan melapangkan rezeki untuk kita. Tentu hal tersebut menjadi salah satu tujuan dari adanya pernikahan yang dilakukan dimana terbukanya semua pintu rezeki bagi orang-orang yang menikah.

6. Menyatukan Dua Insan Dalam Ikatan Halal

Tujuan dari pernikahan menurut Islam adalah untuk menyatukan dua insan yang saling terpikat dalam ikatan halal. Hal tersebut tentunya dilakukan agar manusia tidak menyalurkan syahwatnya pada hal yang keliru dan di larang oleh Islam.

7. Membentengi Akhlak Manusia

Tujuan pernikahan dalam islam yang paling utama adalah membentengi akhlak manusia dari adanya perbuatan kotor serta keji nantinya. Pernikahan menurut Islam merupakan sarana untuk membentengi akhlak manusia dan menjaganya dari perbuatan kotor. Melalui ikatan pernikahan tentunya sebuah pasangan akan sama-sama berjuang di jalan yang di ridhoi oleh Allah SWT nantinya.

8. Menegakkan Adanya Rumah Tangga Yang Bernafaskan Nilai-Nilai Keislaman

Tujuan dari pernikahan yang lainnya tentu adalah menegakkan sebuah keluarga yang memiliki nilai-nilai keislaman dalam setiap perilakunya. Dengan adanya pernikahan maka sudah tentu suami memiliki tanggung jawab untuk bisa menegakkan nilai keislaman kepada istrinya serta anak-anaknya nanti. Sehingga nilai-nilai keislaman tersebut akan selalu tercermin dalam setiap tingkah laku yang dilakukan oleh keluarga tersebut nantinya.

9. Peningkatan Ibadah Kepada Allah SWT

Salah satu tujuan pernikahan dalam Islam adalah untuk bisa meningkatkan ibadahnya kepada Allah SWT. Dengan adaya sebuah pernikahan maka ibadahnya akan menjadi sempurna karena sebagai suami istri yang tentunya saling mendukung akan sama-sama menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT.

10 Jalan Untuk Memiliki Penerus Yang Shalih Dan Shalihah

Tujuan pernikahan menurut Islam adalah melestarikan dan mengembangkan penerus dari bani Adam. Allah SWT berfirman dalam surat An-Nahl :72, yang artinya:

“Allah telah menjadikan dari diri-diri kamu itu pasangan suami istri dan menjadikan bagimu dari istri-istri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?” (An-Nahl: 72).

Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa tujuan pernikahan dalam Islam sangat mulia sekali. Dan tentunya setiap tujuan tersebut adalah untuk melindungi manusia dari perbuatan salah dan dosa. Serta mengembangkan amal ibadahnya sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah tentunya.

Belum ada Komentar untuk "10 Tujuan Pernikahan Dalam Islam Beserta Penjelasannya"

Posting Komentar

Beri kami kritik dan saran dengan cara Berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel