Doa Selamat Dunia Akhirat, Selamat Ulang Tahun Dalam Islam

Doa Selamat Dunia Akhirat, Selamat Ulang Tahun Dalam Islam - Doa selamat – Sebagai orang Islam kita harus berdoa setiap ingin melakukan segala aktivitas, nah pada hari ini Sudut Artikel akan update mengenai doa selamat dunia akhirat dan doa selamat ulang tahun dalam Islam.

Berdoa Dalam Agama Islam

Dalam agama Islam, berdoa merupakan salah satu hal yang lumrah dan selalu dilakukan setiap hari atau bahkan setiap saat. Pada saat melaksanakan ibadah sholat pun, sejatinya kita juga sedang berdoa kepada sang Kholiq.

Berdoa merupakan kegiatan memohon dan mengharapkan ridho sang Maha Kuasa di manapun dan kapanpun.

Berdoa sering kali dijadikan sebagai media untuk meminta sesuatu kepada sang Pencipta, sebagaimana dengan fungsi utama doa. Selain itu, berdoa juga bisa dijadikan sebagai media untuk memohon ampun dan diberikan petunjuk.

Bagi para umat muslim, doa merupakan senjata. Karena, doa juga bisa mencakup urusan serta keselamatan dunia dan akhirat. Oleh karena itu lah, hukum berdoa bagi para umat muslim adalah keharusan. Dengan berdoa juga membuktikan bukti nyata kehambaan seseorang kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena sebagai umat-Nya, sudah sepantasnya kita harus selalu meminta pertolongan dan perlindungan kepada-Nya.

Pentingnya Berdoa

Untuk isi dan tujuan doa, semuanya kembali kepada masing-masing orang yang melakukannya. Yang jelas, setiap doa yang dipanjatkan harus sesuai dengan aturan dan syariat agama, artinya tidak melenceng dan tidak mengandung sesuatu yang buruk. Setiap doa yang berisi niat yang buruk tidak akan dikabulkan oleh Allah SWT. Sementara itu, setiap doa yang berisi sesuatu yang baik akan selalu dikabulkan, hanya saja kita tidak tahu waktu dikabulkannya, bisa saja pada saat itu juga, atau di akhirat nanti, atau diganti dengan sesuatu yang lebih baik dan yang kita butuhkan.

Sejatinya, keadaan manusia dibagi menjadi 4, yaitu :
  1. Celaka di dunia, celaka juga di akhirat.
  2. Selamat di dunia, celaka di akhirat.
  3. Celaka di dunia, selamat di akhirat.
  4. Selamat di dunia, selamat juga di akhirat.
Keadaan manusia yang keempat adalah yang paling ideal dan didambakan oleh setiap insan. Nah, untuk mencapai tujuan tersebut, tentu saja selain berusaha kita juga harus berdoa. Itulah salah satu manfaat berdoa, bisa mendatangkan keselamatan dan kebahagiaan kepada seorang umat.

Masih banyak manfaat berdoa yang lainnya. Yang jelas, kita harus selalu berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Dari uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa berdoa merupakan salah satu amalan yang sangat penting dan harus selalu diamalkan oleh setiap muslim dalam kegiatan sehari-harinya. Selain itu, berdoa juga harus selalu yang baik-baik dan selalu yakin serta berprasangka baik kepada Allah SWT bahwa doa kita akan dikabulkan.

Doa Selamat Dunia Akhirat

Salah satu doa yang harus selalu dipanjatkan kepada Allah SWT adalah doa selamat dunia akhirat. Sebenarnya, doa selamat dunia dan akhirat bisa dibacakan dengan berbagai cara dan bahasa. Contohnya dengan menggunakan bahasa Indonesia seperti bahasa sehari-hari.

Tidak ada spesifikasi dan aturan khusus. Hanya saja, ada beberapa doa selamat dunia akhirat yang sering dibacakan oleh umat Islam yang ada di dunia. Selain itu, ada juga doa selamat dunia dan akhirat yang biasa diamalkan oleh Rasulullah SAW.

Berikut doa selamat dunia akhirat yang pertama, yaitu doa selamat dunia akhirat yang paling sering diamalkan.



رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

RABBANAA AATINAA FIDDUNNYAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.

Artinya : “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka”.

Dan berikut doa selamat dunia akhirat yang kedua, di mana isinya lebih panjang, lengkap dan spesifik.



اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

ALLAAHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA ‘AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL ‘ILMI WA BARAKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA RAHMATAN ‘INDAL MAUTI WA MAGHFIRATAN BA’DAL MAUTI

Artinya :  “Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesehatan pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati dan keampunan sesudah mati.”

Di bawah berikut ini ada lagi doa selamat dunia dan akhirat yang bisa dijadikan alternatif selain kedua doa di atas.


ALLAAHUMMA INNAA NAS-ALUKAL ‘AFWA WAL ‘AAFIYATA FIDDIINI WAD DUN-YAA WAL AAKHIRATI

Artinya : “Ya Allah, kami mohon ampunan kepadaMu dan limpahkanlah kesejahteraan agama dunia dan akhirat.”

Semakin banyak doa selamat dunia dan akhirat dibacakan, maka semakin baik.

Doa Selamat Ulang Tahun

Selain digunakan untuk meminta pertolongan dan senantiasa memohon perlindungan, ada juga yang namanya doa selamat ulang tahun. Doa selamat ulang tahun adalah doa yang dibacakan kepada mereka yang sedang berulang tahun.

Doa selamat ulang tahun yang pertama adalah doa untuk memohon umur panjang.

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

ALLAHUMMA THOWWIL UMUURONA, WA SHOHHIH AJSAADANA, WA NAWWIR QULUUBANA, WA SABBIT IIMAANANAA WA AHSIN A’MAALANAA, WA WASSI’ ARZAQONAA, WA ILAL KHOIRI QORRIBNAA WA ‘ANISY-SYARRI AB’IDNAA, WAQDHI KHAWAA-IJANA FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIRATI INNAKA ‘ALAA KULLI SYAI-IN QODIIRUN

Artinya : “Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Sementara doa selamat ulang tahun yang kedua merupakan doa untuk meminta kemuliaan.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

ROBBANAA HABLANAA MIN AZWAAJINAA WA DZURRIYYAATINAA QURROTA A’YUNI WAJ-‘ALNAA LILMUTTAQIINA IMAAMA

Artinya : “Ya Tuhan kami, Anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.”

Tetapi, jika dirasa kedua doa selamat ulang tahun di atas terlalu panjang, maka cukup ucapkan kalimat di bawah ini.

Barakallahu Fii Umrik.

Doa di atas adalah doa yang biasa diucapkan kepada teman, sahabat atau keluarga yang sedang berulang tahun. Baca berulang kali doa selamat di atas agar lebih cepat hafal.

Itulah doa selamat dunia akhir dan doa selamat ulang tahun dalam Islam, itu saja artikel pada hari ini, tunggu artikel selanjutnya, terima kasih telah membaca, dan jangan lupa untuk share agar bermanfaat untuk kita semua.. Aamiin.

Belum ada Komentar untuk "Doa Selamat Dunia Akhirat, Selamat Ulang Tahun Dalam Islam"

Posting Komentar

Beri kami kritik dan saran dengan cara Berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel