Bacaan Doa Iftitah Bahasa Arab, Latin Dan Artinya Yang Benar

Bacaan Doa Iftitah Bahasa Arab, Latin Dan Artinya Yang Benar - Bacaan doa iftitah – Setelah kemarin sudutartikel.com telah membahas mengenai Doa Selamat Dunia Akhirat, Selamat Ulang Tahun Dalam Islam, sekarang kita akan membahas mengenai doa iftitah, dari mulai bacaan, arti, dan keutamaan doa iftitah.


Doa iftitah adalah doa bahasa arab yang dibacakan pada saat setelah takbiratul ihram atau sebelum membaca surat Al-Fatihah pada rakaat pertama baik sholat wajib maupun sholat sunnah. Doa iftitah hanya dibacakan 1 kali saja pada rakaat pertama. Doa iftitah ini merupakan harapan yang dipanjatkan kepada Allah SWT.

Adapun arti doa iftitah ini, yaitu agar terhindar untuk melakukan suatu dosa. Tetapi, jika sudah terlanjut melakukan dosa maka kita berharap agar dijauhkan dari dosa tersebut dan dihilangkan bekas-bekasnya sehingga hati kita bisa dibersihkan secara sempurna.



Doa Iftitah Bahasa Arab

Bacaan doa iftitah sendiri ada berbagai macam, di Indonesia sendiri dikenal ada 2 macam doa iftitah. Doa iftitah yang pertama adalah bacaan doa iftitah umum yang paling sering dipakai oleh muslim Indonesia dan biasanya juga dipakai oleh saudara muslim NU (Nahdlatul Ulama), sementara doa iftitah yang kedua adalah doa iftitah yang biasa dipakai oleh saudara muslim Muhammadiyah. Dan berdasarkan hadist yang sahih dari Imam Bukhari dan Imam Muslim, doa iftitah yang kedua adalah doa iftitah yang biasa dibaca oleh Rasulullah SAW pada saat melaksanakan sholat wajib.

Berikut bacaan doa iftitah bahasa Arab yang pertama.

اللهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا . اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ . اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ . لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Dan berikut bacaan doa iftitah bahasa Arab yang kedua.

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ، كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ المَشْرِقِ وَالمَغْرِبِ، اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنَ الخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالبَرَدِ

Terlepas dari perbedaan, kedua doa iftitah di atas sama-sama bersumber dari Nabi Muhammad SAW. Keduanya bisa dipakai dan tidak ada doa yang khusus.

Doa Iftitah Latin

Bagi kamu yang memerlukan doa iftitah dalam bentuk latin atau tulisan bahasa Indonesianya, blog Sudut Artikel juga akan memberikannya. Selain itu, memang baiknya kita juga perlu melihat bacaan doa iftitah latin agar tidak salah dalam melafalkannya, sehingga sholat kita juga lebih baik lagi.

Berikut bacaan doa iftitah latin untuk doa iftitah yang pertama.

Allaahu Akbaru kabira wal hamdu lillahi kathira, wa subhanallahi bukratan wa asila. Innii wajjahtu wajhiya lillazi fatharas samaawaati wal ardha haniifa muslimaw wa maa anaa minal mushrikeen. Inna salaati wa nusuki wa mahyaya wa mamati lillahi Rabbil ‘aalameen. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin.

Dan berikut bacaan doa iftitah latin untuk doa iftitah yang kedua.

Allahumma baaid bainii wa baina khothoyaaya kamaa baatdta baiinal masyriki wal magrhribi, Allahumma naqinii min khothooyaa kama yunaqqos tahubul abtyaddhzu minad danas. Allahummaghsil khothoyaaya bilmaai watsalji wal barad.

Arti Doa Iftitah

Doa iftitah memiliki arti yang intinya untuk memuji Allah SWT, berserah diri kepadanya dan meminta perlindungannya untuk dijauhkan dari segala macam keburukan.

Beriku arti doa iftitah yang pertama.

Allah maha besar dengan sebesar besarnya. Segala puji yang sebanyak banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang orang yang menyekutukan-Nya.

Dan berikut arti doa iftitah untuk bacaan doa iftitah yang kedua.

Ya Allah, jauhkan antara aku dan kesalahan kesalahanku, sebagaimana engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dan kesalahan kesalahanku, sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahan kesalahanku dengan salju, air dan air es.

Yang manapun bacaan doa iftitah bahasa Arab nya, semuanya memiliki arti yang baik.

Hukum Membaca Doa Iftitah

Hukum membaca doa iftitah adalah sunnah. Jadi, doa iftitah merupakan doa sunnah yang dibaca pada saat melaksanakan sholat, baik sholat wajib maupun sholat sunnah. Walaupun begitu, sholat kita tidak akan sempurna jika kita tidak membaca doa iftitah. Karena alasan tersebut, banyak muslim yang berpendapat dan menganggap bahwa membaca doa iftitah itu wajib. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda :

“Shalat seseorang tidak sempurna hingga ia bertakbir memuji Allah dan menyanjungnya kemudian membaca Al-Quran yang mudah baginya.” (HR. Abu Daud dan Hakim)

Selain itu, ada juga hadist dari Abu Hurairah yang isinya :

Biasanya Nabi Muhammad SAW setelah ber takbiratul ihram, beliau diam sesaat sebelum membaca ayat atau surat Al-Fatihah, maka akupun bertanya kepada beliau. “Wahai Rasulullah, kutebus engkau dengan ayah dan ibuku, aku melihatmu berdiam antara takbir dan bacaan ayat. Apa yang engkau baca ketika itu? (Nabi Muhammad SAW menyebutkan doa iftitah)”.

Dan di dalam kitab Al-Adzkar, Imam An Nawawi pernah berkata : “Ketahuilah bahwa semua doa-doa ini hukumnya sunnah (Mustahabbah) baik saat mengerjakan shalat wajib maupun shalat Sunnah.”

Keutamaan Doa Iftitah

Doa iftitah mengandung banyak sekali keutamaan. Terutama isinya yang berarti mengagungkan Allah SWT dan menunjukkan penghambaan yang lebih dari-Nya. Hal ini sangat berkaitan dengan kita, sebagai hamba Allah yang tidak pernah luput dari dosa dan kesalahan. Oleh karena itu, salah satu keutamaan doa iftitah adalah sebagai tempat untuk meminta permohonan dan pertolongan kepada Allah SWT.

Bahkan, Nabi Muhammad SAW pernah mendenga ada seorang sahabat yang membaca doa iftitah, lalu beliau berkata :

“Saya melihat ada 12 malaikat yang berebut untuk mengantarkan doa ini (kepada Allah).” (HR. Muslim 1385)

Dari situ kita bisa mengetahui bahwa doa iftitah memiliki manfaat dan keutamaan yang sangat besar. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah biasakan untuk selalu membaca doa iftitah setiap kali melakukan sholat, baik sholat wajib maupun sholat sunnah.

Setelah mempelajari doa iftitah bahasa Arab, latin dan artinya yang benar tadi pasti Anda sudah bisa melakukannya dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Bacaan Doa Iftitah Bahasa Arab, Latin Dan Artinya Yang Benar"

Posting Komentar

Beri kami kritik dan saran dengan cara Berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel